Advertisement

Apakah Telur Dapat Menyehatkan ?

Apakah Telur Dapat Menyehatkan ? 

Apakah telur dapat menyehatkan ?, RTH, Rumah Terapi Herbal

Pakar gizi setuju bahwa telur adalah makanan sehat karena mengandung 13 vitamin dan mineral penting di dalamnya. Ditambah lagi, telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik dan berguna untuk membangun serta mempertahankan otot yang kuat dan sehat. Menurut data nutrisi USDA, satu telur mengandung sekitar 6 gram protein dan 72 kalori. 

Ahli diet lain Ryan Maciel menambahkan, telur memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Mulai dari biotin yang membantu mengubah makanan menjadi energi, kolin, dan vitamin A yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, serta antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Untuk mendapatkan semua manfaat telur, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi semua telur sekaligus, tanpa memisahkan kuning telur dari putihnya. 

Tentang kuning telur 

Kuning telur kerap dianggap sebagai sesuatu yang buruk karena kandungan kolesterolnya tinggi. Satu butir telur mengandung 186 miligram kolesterol, sementara nilai harian yang direkomendasikan untuk kolesterol adalah kurang dari 300 miligram. 
Telur kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Namun, studi terkini menunjukkan bahwa bagi kebanyakan orang, kolesterol dalam telur tidak secara signifikan memengaruhi kadar kolesterol dalam darah kita. Selain kolesterol, kuning telur juga mengandung banyak nutrisi, seperti jumlah zat besi, folat, vitamin, lutein, dan zeaxanthin yang tinggi. 

Kandungan putih telur 

Putih telur yang digunakan sebagai bahan dalam membuat omelet putih telur, kue kering, dan wafel pernah dianggap sehat. Namun, nutrisi putih telur sebenarnya hanya memiliki beberapa protein dan vitamin B saja. Artinya, saat kita hanya menggunakan putih telur untuk memasak, kita sebenarnya hanya mengambil sedikit nutrisi dan vitamin. 
Karena itu, para pakar menyarankan lebih baik mengonsumsi seluruh bagian telur. Jika hanya memakai putih atau kuning telur saja, maka kamu akan kehilangan hampir separuh dari jumlah protein, seperti vitamin D, E, A, kolin, dan antioksidan.  

Telur justru bisa menyehatkan jantung 

Menurut pedoman diet 2015, kolesterol tidak lagi menjadi nutrisi yang diperhatikan dapat meningkatkan kolesterol dalam darah seseorang. Faktor risiko yang lebih mungkin berkaitan dengan penyakit jantung adalah faktor genetika, kurang olahraga, gaya hidup yang buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. 
Selain itu, studi terbaru menemukan bahwa orang yang makan satu telur setiap hari justru mengalami risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah. Ini mungkin karena telur mengandung kadar kolesterol HDL baik yang dapat membantu melawan penumpukan lemak di pembuluh darah.



Dikutip dari :