Advertisement

Bawang Putih (Alium Sativum) Obat Alami Penumbuh Jenggot

Dalam beberapa tahun terakhir, trend jenggot mem-booming dikalangan laki-laki di dunia, dari negara barat hingga ke tanah air kita. Jenggot yang terawat dengan baik dapat menambah kepercayaan diri seorang laki.

Selain jenggot, rambut yang tumbuh subur juga sangat penting, akan tetapi banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut tidak tumbuh dengan baik sehingga menyebabkan pitak atau bahkan kebotakan.

Sayangnya, obat kebotakan sintetik memilki banyak sekali efek samping yang merugikan seperti impoten, karena dapat mempengaruhi keseimbangan hormon di tubuh kita.

Baca juga mekanisme tumbuhnya rambut dan jenggot Disini.

Hal ini membuat para peneliti mencari solusi masalah ini, salah satunya adalah herbal alami yang mudah didapat dan murah, yaitu bawang putih.


Fungsi Bawang Putih

Umbi lapis ini asalnya dari Himalaya dan salah satu kandungan terpentingnya adalah Allicin yang menyebabkan bawang putih berbau khas. Ternyata dibalik zat yang membuatnya bau tersebut terdapat manfaat seperti anti-kolesterol, anti-trombotis (melancarkan darah), menurunkan glukosa darah, anti-bakteri, dan anti-tumor.

Bawang Putih (Alium Sativum) Obat Alami Penumbuh Jenggot


Dan yang paling penting untuk kita pembaca artikel ini tentu saja sebagai penumbuh rambut. Diduga senyawa allicin yang dapat memperlancar peredaran darah membuat nutrisi terdistribusi merata hingga kulit terluar, hal ini menyebabkan peningkatan stimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu, efek anti-bakteri bawang putih dapat mengurangi bakteri yang dapat merusak kulit kepala atau rambut.


Penelitian yang Mendasarinya

Berdasarkan Kufa Medical Journals, penelitian oleh Dr. Azar dan timnya bahwa penggunaan topikal ekstrak bawang putih dapat membantu pertumbuhan rambut pasien yang mengalami kerontokan rambut (Alapecia).  (Sumber klik disini)



Hasil dari Penelitian Dr. Azar



Ringkasan Penelitian:

4 Pasien wanita dan 6 Pasien laki-laki yang mempunyai keluhan alacepia (kerontokan rambut) mendapatkan ekstrak bawang putih yang diaplikasikan ke bagian kulit yang mengalami kerontokan sebanyak 2 kali sehari selama 2 bulan.

Hasilnya, kerontokan berkurang di minggu kedua menjadi 44,4%, kemudian minggu keempat turun menjadi 38,9%, dan terakhir setelah 6 minggu menjadi hanya 16,7%.



Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Rambut/Jenggot ?

Penyiapan ekstrak bawang putih menurut jurnal ini dengan mem-blender bawang putih, kemudian menekan dan memeras hasil blender tadi.

Setelah itu, oleskan secara tipis dibagian kulit yang dituju.

Terdapat efek samping pada beberapa pasien berupa gatal dan rasa panas, namun peneliti menyatakan efek samping ini tidak begitu berarti.


Dikutip dari: