Advertisement

Pertumbuhan Rambut dan Nutrisinya

Mari kita simak tentang bagaimana rambut tumbuh dan faktor apa saja yang mempengaruhinya.
Secara ringkas, terdapat 3 fase dalam siklus rambut


Pertumbuhan Rambut dan Nutrisinya


Kebotakan Sebagian (Alopecia Areata)

Dari penjelasan diatas, bila fase pertumbuhan rambut mengalami ketidakseimbangan maka bisa terjadi rontoknya rambut (Alopecia). Alopecia adalah kondisi medis yang paling serius yaitu hilangnya rambut dari beberapa atau semua area tubuh, terutama kulit kepala. Kondisi ini terjadi di 0,1-0,2% dari beberapa orang dari setiap kelompok usia atau jenis kelamin.

Pertumbuhan Rambut dan Nutrisinya

Ada beberapa penyebab yang berbeda dari alopecia seperti genetik, stres emosional, pemakaian obat-obatan, lingkungan, dan lainnya. Permasalahan ini menjadi serius karena rambut rontok dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang sehingga mengurangi produktifitasnya dalam kegiatan sehari-hari, atau bahkan permasalahan mental.

Pertumbuhan Rambut dan Nutrisinya


Perangsang Janggut dan Kumis

Sejak tahun 2015, trend laki-laki untuk memiliki jenggot atau brewok halus menjadi booming, karena melambangkan maskulinitas seorang laki-laki. Hal ini membuat pencarian herbal untuk merangsang pertumbuhan rambut atau janggut menjadi meningkat drastis. Ditengah jaman informasi ini, ada baiknya kita memilih herbal yang memiliki bukti-bukti ilmiah.


Faktor tebalnya janggut dan kumis sebagian besar adalah genetik yang dipengaruhi hormon androgen, estrogen, dan kortikosteroid, namun kita dapat mengoptimalisasi pertumbuhan rambut dan jenggot dengan obat, herbal, olah raga dan nutrisi yang tepat.

Nutrisi rambut antara lain : vitamin B12, asam folat, asam animo, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan zat besi.


Dikutip dari: