Advertisement

Meniran (phyllanthus niruri) Peningkat Immunitas

Setiap saat, tubuh kita harus bisa bertahan dari berjuta-juta serangan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan kita sakit. Yang berfungsi menghalau serangan tersebut adalah sistem kekebalan atau imunitas kita.

Berdasarkan penelitian, salah satu herbal alami yang dapat membantu meningkatkan kerja sistem imun kita adalah Meniran.

Apa itu Meniran?

Meniran (phyllanthus niruri) Peningkat Immunitas
Meniran (phyllanthus niruri) Peningkat Immunitas
Meniran (phyllanthus niruri) merupakan tanaman yang biasanya tumbuh liar dan subur didaerah yang lembab. Warnanya hijau, ukurannya kecil, memiliki banyak daun yang tumbuh sejajar dengan tangkainya. Kita mungkin sering melihat tanaman ini saat kita sedang jalan-jalan. Tapi ternyata berdasarkan penelitian-penelitian, meniran mampu membantu kerja imun kita dalam melawan penyebab penyakit.

Sebelum kita melihat penelitiannya, mari kita kenalan dulu sama simtem kekebalan tubuh kita.


Apa dan Bagaimana Sistem Imun Kita Bekerja?

Meniran (phyllanthus niruri) Peningkat Immunitas
Imunitas Tubuh
Sistem imun merupakan suatu sistem dari tubuh kita yang melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyebab penyakit seperti bakteri dan virus. Yang paling terkenal adalah sel darah putih. Sel darah putih sebenarnya sangat kompleks, memiliki bermacam-macam jenis dengan berbagai macam fungsi pula. Secara garis besar terdiri dari pembunuh penganggu (killer), pembantu (support), komunikator (communicator), Antibodi, dan pengingat (memory).


Bagaimana Meniran Membantu Sistem Imun Kita?

Berdasarkan penelitian yang di publish di Immunol Invest. januari 2010, ekstrak meniran memiliki beberapa cara dalam meningkatkan imun kita yaitu :


Membantu mengaktivasi makrofag, semacam sel pembunuh pengganggu yang akan melahap bakteri/virus yang masuk ke tubuh kita, mencernanya, dan membuangnya bersama keringat, urin, dll.

Membantu peningkatan kerja limfosit B dan T, yang merupakan sel darah putih pembantu (support) dan pengingat (memory). Sel ini dapat memproduksi antibodi yang secara spesifik menghancurkan pengganggu. Antibodi umumnya muncul jika makrofag tidak dapat menangani pengganggu.


Peningkatan aktivasi limfosit T juga membantu sistem imun mengingat jenis bakteri/virus tersebut, sehingga dikemudian hari jika bakteri/virus itu datang lagi, tubuh akan lebih kebal dan cepat menghancurkannya. Lihat rincian detailnya.


Fungsi Sebagai Antioksidan

Meniran Antioksidan
Selain peningkat imun, meniran dapat meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam tubuh kita. Antioksidan tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita dengan membantu menghalau radikal bebas yang senantiasa merusak sel tubuh kita.

Berdasarkan penelitian yang di publish di Asian Pac J Trop Med tahun 2014, teh/infus meniran (5 gram dalam 750 ml air) diujikan ke 5 voluntir antara umur 20-31 tahun menghasilkan peningkatan antioksidan dalam tubuh secara signifikan setelah dicek darahnya 4 jam kemudian.



Dikutip dari: