Advertisement

Mental Yang Sehat Tidak Cepat Sakit

Poros kesehatan mental seseorang dapat dilihat dari sisi emosionalnya. Karena itu adalah bagian terpenting dari kesehatan secara keseluruhan. Orang yang sehat secara emosional mampu mengendalikan pikiran, perasaan, dan perilaku mereka. Mereka mampu mengatasi tantangan hidup. Mereka dapat mengatasi masalah dalam perspektif tertentu kemudian bangkit kembali dari keterpurukan segera. Seperti halnya mampu mengendalikan diri mereka sendiri dan memiliki hubungan yang baik terhadap orang lain.

Menjadi sehat secara emosional tidak berarti kita super bahagia sepanjang waktu. Kita dapat menghadapi sisi emosional ini, baik itu bagian positif atau negatif. Orang yang sehat secara emosional masih merasakan stress, kemarahan, dan kesedihan. Tetapi mereka tahu bagaimana mengelola perasaan negatif itu lho! Mereka juga dapat mengetahui kapan suatu masalah itu menjadi diluar kadar kemampuannya dan juga tahu persis kapan harus mendapatkan bantuan dari orang disekitarnya. Jadi tidak diam begitu saja. 

Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan emosional adalah hal yang perlu dilatih sejak dini! Ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk meningkatkan kesehatan mental ini! Bisakah kita semua menjadi lebih bahagia dengan sehat secara mentalnya? Jawabnya, ya tentu saja.



Mental Yang Sehat Tidak Cepat Sakit

Kesehatan mental seseorang mampu menjadikan diri ini bekerja secara produktif dan mengatasi tekanan kehidupan sehari-hari. Ini dapat membantu siapapun juga untuk mewujudkan potensi secara maximal! Dengan begitu setiap kali ada pekerjaan yang sedang dilakukan bersama orang lain mampu dijadikan kontribusi positif di suatu lingkungan masyarakatnya!

Dari sisi mentalnya saja ternyata berpengaruh juga terhadap kesehatan fisik! Lagi-lagi ditemukan banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara kondisi mental yang optimis dan tanda-tanda fisik yang sehat. Ini termasuk tekanan darah yang stabil, jauh dari risiko penyakit jantung, dan berat badan malah lebih ideal.

Ada banyak cara untuk meningkatkan atau mempertahankan kesehatan mental ini menjadi lebih baik.

Waspadai reaksi spontanitas dalam keseharian! Hati-hati terhadap berbagai hal dalam hidup ini yang mampu membuat larut dalam kesedihan, rasa frustrasi, atau marah yang membludak! Cobalah untuk mengatasinya dengan cara merubah cara meresepon sesuatu.

Ketika ungkapkan perasaan tidak dilakukan secara tepat maka ini menjadi masalah yang dapat berakibat buruk untuk kesehatan kita! Beri tahu orang-orang terdekat di saat ada sesuatu yang mengganggu. Menyimpan perasaan sedih atau marah di dalam hati menambah stres. Itu dapat menyebabkan masalah dalam hubungan Anda dan di tempat kerja atau sekolah.

Berpikirlah sebelum Anda bertindak. Tapi biasakan memberi waktu untuk berpikir dan bersikap tenang sebelum mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin Anda sesali. Tapi ingat bukan berarti anda takut dan diam saja!

Kelola stres. Pelajari metode relaksasi untuk mengatasi stres. Ini bisa termasuk pernapasan dalam, meditasi, dan olahraga. Beruntung untuk kaum muslimin karena meditasi itu sudah terjawab dengan baik bagi siapapun yang melakukan shalat dengan khusyu dan terapi dzikir.

Berjuang membiasakan seimbang. Temukan keseimbangan yang sehat antara bekerja dan bermain, dan antara aktivitas dan istirahat. Luangkan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai. Fokus pada hal-hal positif dalam hidup Anda. Bukan sebaliknya hanya menghabiskan energi pada hal yang bertentangan dengan diri anda!

Jaga kesehatan fisik Anda. Berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, dan tidur yang cukup. Jangan pakai narkoba atau alkohol. Jaga kesehatan fisik Anda agar tidak memengaruhi kesehatan emosional Anda dan juga sebaliknya.

Tetap kontak komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Untuk suami istri rajin-rajin kencan dating makan di luar, lakukan hal bareng yang menstimulus hormon kebahagiaan baik di siang hari atau pun bermesraan di malam hari. Jika anda belum menikah maka bersosialisasilah dengan grup, dan sapa orang lain meskipun orang asing. Kita membutuhkan koneksi positif dengan orang lain.

Temukan tujuan dan kehidupan yang fana ini. Cari tahu apa yang penting bagi Anda dalam hidup, dan fokuslah pada hal itu. Ini bisa jadi pekerjaan Anda, keluarga Anda, hal-hal yang ikhlas tapi sukarela, atau hal lain. Habiskan waktu Anda melakukan apa yang paling berarti bagi Anda!

Tetap positif. Fokus pada hal-hal baik dalam hidup Anda. Maafkan diri sendiri karena melakukan kesalahan dan maafkan juga orang lain. Habiskan waktu dengan orang-orang yang sehat dan positif. Kenali itu dan jangan diabaikan secara berulang.


Okay, sekarang anda tahu apa yang harus dilakukan? Jika ada pertanyaan ataupun hal lain. Konsultasikan langsung bersama therapist di sesi khusus bersama kami. 


Klik disini untuk booking jadwal therapy.